Di artikel debelumnya saya membahas 6 Aplikasi edit foto terbaik di andoid instagramable tahun 2022. Pada kesempatan ini saya akan membahas Cara mengambil Foto bulan purnama menggunakan hp.

 Saat waktu bulan purnama tiba, banyak orang yang ingin mengabadikan momen tersebut agar bisa di posting di berbagai media sosial. namun, mengambil foto bulan sangatlah menantang jika ingin mendapatkan hasil yang bagus.

Salahsatu alasannya adalah jarak yang sangat jauh sehingga kita memerlukan lensa telefoto (lensa superzoom), fotografi malam sangat sulit. Kamera profesional memungkinkan kita mengubah ISO atau fokus, yang berarti kita dapat memotret dalam kondisi kurang cahaya tanpa kehilangan kualitas gambar.

Pertanyaannya:

  • Apakah bisa kita mengambil foto bulan hanya menggunakan hp?
  • Bagai mana cara mengambil foto blue moon pakai hp?

Jawabannya tergantung dari kalian. apakah bisa menerapkan tips yang saya bgikan pada artikel kali ini atau tidak. banyak cara untuk mendapatkan hasil yang baik saat mengambil gambar bulan dimalam hari

Tips Mengambil Foto Bulan Menggunakan HP

1. Setting Kamera Ke Mode Manual

Mode manual tidak hanya dikhususkan bagi kamera digital DSLR, mode ini sudah diterapkan juga di kamera smartphone. jika biasanya kamu selfie menggunakan mode auto, gunakanlah mode manual saat mengambil gambar di malam hari. Ini akan membantu mengatur cahaya tanpa mengurangi kualitas foto. mode manual mencakup ISO, Shutter Speed, Aperture (di bahas di bawah)

2. Setting Zoom

Nah ini kebanyakan saya sering mikir, biasanya lensa bawaan smartphone kurang pas jika dipakai untuk memotret jarak jauh. tapi mungkin untuk kamera hp tertentu bisa menghsailkan foto yang bagus saat mengambil foto, namun kebanyakan kamera medium end harus menggunakan lensa external (lensa telefoto) yang bisa kamu dapatkan di toko toko online.

ALSO READ :  5 Aplikasi Kamera Android Keren Berkualitas

Menggunakan lensa telefoto sangatlah di sarankan.  Karena untuk mendapatkan foto yang jaraknya sangat jauh akan mengatur zoom sedekat mungkin sehingga akan merusak kualitas foto Jika hanya menggunakan kamera hp saja. Tetapi,  penggunaan lensa telefoto akan mengurangi efek tersebut dan pengambilan foto akan menghasilkan gambar yang lebih bagus.

3.  Tripod

Penggunaan tripod untuk pengambilan gambar long exposure sangat di perlukan begitujuga tripod sangat diperlukan untuk mengambil gambar di malam hari, mengambil gambar yang super zoom akan merasakan getaran getaran yang sangat sensitif pada hp. jika tidak memilikinya, kamu bisa mencari media lain yang bisa kamu pakai untuk menggantikannya.

4. Mengatur Waktu yang Pas untuk Mengambil Foto

Ketika datang untuk mengambil foto bulan purnama, waktu adalah kuncinya, jika tidak, kita tidak bisa mendapatkan foto yang bagus. Ada dua hal yang harus diperhatikan. 

  1. yang pertama adalah siklus bulan. Bulan lunar memiliki sekitar 29 hari dan bulan purnama terlihat pada tanggal 14. Untuk mengetahui ada atau tidaknya bulan purnama, banyak sekali situs website dan aplikasi seperti website yang memberikan informasi kapan bulan purnama akan muncul. Jadi rencanakan kegiatan kamu terlebih dahulu. 
  2. Prakiraan Cuaca. Bahkan jika kita berharap tahu kapan bulan purnama, kita tidak dapat menangkapnya jika bersembunyi di balik awan atau jika sedang hujan. Gunakan aplikasi atau situs prakiraan cuaca untuk menentukan apakah akan ada malam yang cerah di area yang ingin kita foto. maka dari itu,  karena cuaca sulit untuk  diperkirakan, bersiaplah.!!

5. Mengatur Setingan Kamera

Seperti yang sudah saya bahas di atas, kamu perlu mengatur kamera kamu terlebih dahulu di antaranya focus, iso, Shutter speed.

ALSO READ :  Fotografi merupakan Hobi yang Hebat. Simak Alasannya!

5.1 Focus

Umumnya kita sering menggunakan mode autofocus saat mengambil gambar karena akan memudahkan saat mengambil gambar. Namun dalam kasus ini, menggunakan manual focus sangat disarankan. Karena jika menggunakan auto focus hanya akan merusak bidikan saat mengambil gambar di malam hari menggunakan focus manual diharapkan agar kita bisa menggunci fokus.

5.2 Mengatur ISO

Pengaturan iso pada  kamera digital untuk menentukan sensitivitas cahaya dari sensor gambar. iso adalah pengaturan yang dapat disesuaikan, dan semakin tinggi nilainya, semakin sensitif sensor terhadap cahaya. Sebagian besar kamera memiliki iso mulai dari 100, beberapa bahkan mulai dari 50. Bulan bersinar terang di langit malam sehingga iso terendah bisa kamui coba.

5.3 Shutter Speed /Kecepatan Rana

Seperti namanya, mengacu pada kecepatan membuka dan menutup rana untuk mengambil foto. Kecepatan rana yang disarankan untuk fotografi bulan purnama, diukur dalam detik, adalah antara 1/60 dan 1/125 detik, tergantung pada situasinya.

Kecepatan rana yang lebih lambat menghasilkan eksposur yang lebih baik, tetapi memengaruhi ketajaman gambar dan sebaliknya. Pastikan untuk bereksperimen dan mendapatkan poin bagus sarankan coba set seperti yang saya tulis di atas untuk mendapatkan foto terbaik.

6. Pengaturan Opsional

Ada juga beberapa pengaturan opsional yang dapat membantu meningkatkan proses ini. Dimulai dengan Aperture, sebagian besar hp tidak memiliki aperture variabel, tetapi pada beberapa flagships Samsung, ini dapat disesuaikan.

Untuk foto yang lebih tajam, pastikan aperture memiliki angka yang lebih tinggi. mengambil atau menembak di RAW, yang sekali lagi tidak di semua ponsel. Tetapi jika Anda memilikinya, sangat cocok untuk pemrosesan gambar/ foto (mengedit), karena stabilitas itu penting, ada baiknya selalu memiliki rana lain agar ponsel tidak bergetar saat Anda menekan tombol rana.

ALSO READ :  Ide Konten Fotografi Menarik Pada Momen 17 Agustus

5. Memotret Saat Anda siap

Kamu siap untuk menangkap bulan purnama? letakanlah hp kamu di atas tripod atau apapun yang kamu gunakan untuk menggantukan tripod.

Gerakkan kamera sedekat mungkin ke bulan untuk mendapatkan detail paling detail di permukaannya. Setelah selesai, tekan tombol pelepas rana dan tunggu kamera mengambil gambar.

Kesimpulan

Sekian Cara mengambil Foto bulan purnama menggunakan hp. selain dari latihan latihan  latihan dan memahami teknik fotografi, tidak dipungkiri lagi agar kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih baik adalah dengan memiliki gear yang baik dan profesional.

Tapi memiliki kamera yagn pro juga akan percuma jika kamu tidak memiliki hobi dan tidak giat berlatih sambil mencari tempat atau apapaun dengan tujuan belajar menguasainya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *